TRANSFORMASI KONSUMSI JAMU DI KALANGAN GENERASI MUDA: ANALISIS DI SEMARANG SELATAN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.61195/sages.v2i02.11

Keywords:

Generasi Muda, Manfaat Kesehatan, Produk Jamu, Preferensi Konsumen, Strategi Pemasaran

Abstract

Jamu, obat herbal tradisional, adalah bagian penting dari warisan budaya Indonesia yang berfungsi sebagai ramuan tradisional untuk kesehatan dan pengobatan. Peningkatan minat terhadap jamu terjadi selama pandemi COVID-19, tetapi tantangan muncul di kalangan generasi muda yang lebih memilih solusi kesehatan modern dan praktis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi preferensi dan perilaku konsumsi jamu di kalangan generasi muda di Semarang Selatan, dengan fokus pada alasan konsumsi dan penolakan serta jenis produk yang dikonsumsi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan survei. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dari 122 responden berusia 18-25 tahun. Teknik analisis data meliputi statistik deskriptif untuk menggambarkan distribusi dan frekuensi respons. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 60,7% responden mengkonsumsi jamu, dengan alasan utama manfaat kesehatan, meskipun frekuensi konsumsi bervariasi. Penolakan terhadap jamu sering disebabkan oleh rasa pahit, bau tidak sedap, dan tampilan yang tidak menarik. Sebagian besar responden lebih menyukai produk olahan jamu modern seperti permen dan es krim. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa meskipun ada minat yang signifikan, inovasi dalam produk dan strategi pemasaran yang efektif diperlukan untuk meningkatkan penerimaan di kalangan generasi muda. Berdasarkah hasil penelitian tersebut, maka produsen jamu perlu untuk terus berinovasi dan memperbarui pendekatan pemasaran mereka agar lebih sesuai dengan preferensi generasi muda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, L. G. R. W., Kassapa, J., & Dewi, P. Y. C. (2023). Jamunity: Strategi pengembangan potensi jamu sebagai warisan budaya berbasis community empowerment linkage di Indonesia [Paper Presentation]. Pekan Ilmiah Pelajar X, Denpasar, Bali. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pilar/article/view/6140

Anwar, C., & Budiman, F. (2016). Pengaruh brand image, dan lapangan pekerjaan terhadap keputusan mahasiswa untuk memilih jurusan akuntansi pada perguruan tinggi yang ada di Bandar Lampung. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 7(2), 255–276. http://dx.doi.org/10.36448/jak.v7i2.759

BPS Kota Semarang. (2023). Rata-rata pengeluaran per kapita dan komposisi konsumsi. Badan Pusat Statistik Kota Semarang. https://semarangkota.bps.go.id/indicator/5/108/1/rata-rata-pengeluaran-per-kapita-dan-komposisi-konsumsi.html

Engbers, L. H., van Poppel, M. N., Chin A Paw, M., & van Mechelen, W. (2006). The effects of a controlled worksite environmental intervention on determinants of dietary behavior and self-reported fruit, vegetable and fat intake. BMC Public Health, 6, 253. https://doi.org/10.1186/1471-2458-6-253

Fadhilah, A., Darma, R., & Amrullah, A. (2018). Strategi pengembangan usaha rumah tangga. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 14(3), 233-248. https://doi.org/10.20956/jsep.v14i3.3718

Gardjito, M., Harmayani, E., & Suharjono, K. I. (2018). Jamu (Pusaka penjaga kesehatan bangsa asli Indonesia). UGM Press.

Ghodang, H., & Sembiring, R. (2021). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada PT. Maju Jaya Pohon Pinang Medan. JURNAL CREATIVE AGUNG, 10(1), 68-84. https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/1071

Hermawan, Y. (2020). Perhitungan harga pokok produk minuman serbuk instan dengan metode full costing di UPT Materia Medica Batu. Cakrawala: Jurnal Litbang Kebijakan, 14(2), 183-197. https://doi.org/10.32781/cakrawala.v14i2.350

Huang, T. T., Harris, K. J., Lee, R. E., Nazir, N., Born, W., & Kaur, H. (2003). Assessing overweight, obesity, diet, and physical activity in college students. Journal of American College Health: J of ACH, 52(2), 83–86. https://doi.org/10.1080/07448480309595728

Kusumo, A. R., Wiyoga, F. Y., Perdana, H. P., Khairunnisa, I., Suhandi, R. I., & Prastika, S. S. (2020). Jamu tradisional Indonesia: Tingkatkan imunitas tubuh secara alami selama pandemi. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(2), 465–471. https://doi.org/10.20473/jlm.v4i2.2020.465-471

Lestari, E.D., Ferawati, R., & Fielnanda, R. (2020). Analisis perilaku konsumsi generasi milenial dalam mengikuti trend fashion hijab (Studi pada mahasiswi fakultas ekonomi dan bisnis islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Sahara, N. I. & Prakoso, F. A. (2020, December 10th-11th). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen lazada (Studi di wilayah Jakarta Selatan) [Paper Presentation]. Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA), Jakarta. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/KNEMA/article/view/8293

Santi, E. (2014). Pengaruh harga dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian konsumen pada CV. Jaya Herbal Cabang Padang. Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 60-80. https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/183

Senaen, L. F. & Tumbuan, W. J. A. (2015). Pengaruh people, proses, dan promosi terhadap keputusan pembelian mobil toyota pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 345–356. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/7105

Sharma, A., Khamar, D., Cullen, S., Hayden, A., & Hughes, H. (2021). Innovative drying technologies for biopharmaceuticals. International Journal of Pharmaceutics, 609. https://doi.org/10.1016/j.ijpharm.2021.121115

Sogari, G., Velez-Argumedo, C., Gómez, M. I., & Mora, C. (2018). College students and eating habits: A study using an ecological model for healthy behavior. Nutrients, 10(12), 1823. https://doi.org/10.3390/nu10121823

Suteja, R. S. A., Dayanti, L. D., Aji, A. P., Isnaini, S., Suryandaru, Y. S., Rahayu, T. P., Saptyasari, A., Wahyudi, I., Puspa, R., Sari, N. R., Septiani, D., & Illahiati, N. K. (2021). Integrated marketing communication strategy for SME (small and medium enterprises) of traditional herbal and beverages. Darmabakti Cendekia, 3(2), 49-54, https://doi.org/10.20473/dc.V3.I2.2021.49-54

Thrasher, J. F., Campbell, M. K., & Oates, V. (2004). Behavior-specific social support for healthy behaviors among african american church members: Applying optimal matching theory. Health Education & Behavior, 31(2), 193–205. https://doi.org/10.1177/1090198103259184

Wulandari, V. (2022). Marketing communication strategy of jamu IBOE product using omni-channel and brand repsositioning in targeting millenial consumers. The Commercium, 5(3), 1-12. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/47989

Wulansari, R. (2019). Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian pada PT. Boga Sejahtera di Cikarang. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(4), 248–254. https://doi.org/10.32493/JEE.v1i4.10705

Yasa, I. M. S., Lapian, S. L. H. V. J., & Jorie, R. J. (2018). Analisis pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian nutrition shake herbalife di empat rumah nutrisi kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 1958–1967. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.20917

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

Yahya, B. N., Taufiq, A., Lestariningsih, T., & Prabowo, I. D. P. (2024). TRANSFORMASI KONSUMSI JAMU DI KALANGAN GENERASI MUDA: ANALISIS DI SEMARANG SELATAN. The Sages Journal, 2(02), 74–83. https://doi.org/10.61195/sages.v2i02.11